waisak

Waisak 2563BE tahun 2019

Waisak adalah hari Raya Umat Buddha atau di Indonesia dikenal sebagai perayaan Waisak. Perayaan Waisak diperingati setiap tahun di Indonesia dan hari Waisak ini tepat berada pada purnama penuh dalam penanggalan lunar. Waisak biasanya jatuh pada bulan Mei, atau pada awal Juni. Perayaan Waisak umat Buddha memperingati tiga peristiwa penting, yang pertama yaitu peristiwa kelahiran calon Buddha (Siddhattha Gotama), yang kedua Sidharta mencapai pencerahan sempurna pada usia 35 tahun, dan yang ketiga memperingati Buddha ‘wafat’ atau Buddha merealisasikanNirwana/ Nibbana pada usia 80 tahun.

Ketiga peristiwa tersebut terjadi pada bulan yang sama di bulan Vesaka dan saat purnama sidhi. Dalam sejarah, kelahiran Sidharta terjadi pada 623 sebelum masehi, akan tetapi tetapi kalender Buddhist dihitung sejak parinirvana/wafat dalam umur 80 tahun. Waisak merupakan dalam Tradisi di Indonesia dirayakan dalam satu kesatuan yaitu memperingati ketiga peristiwa tersebut.

Pada perayaan Waisak umat Buddha merayakannya dengan pergi ke wihara, melakukan ritual puja-bhakti. Hal inni bertujuan untuk mengengiat kembali peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam sejarah agama Buddha, seremonial dan ritual yang dilaksanakan umat Buddha tentunya untuk meneladani perilaku Buddha dan melaksanakan ajaran agama Buddha dengan baik dan benar. Tauladan dari perilaku Buddha dapat diejawantahkan sebagai perilaku kemoralan.

logo-new-withbgwhite

+62 21 - 3518801

+62 21 - 3522240

dpp@walubi.or.id

REKOMENDASI