Participate in improving the Walubi Website!
We appreciate any kind of feedback and suggestions. Please send them to DPP WALUBI Thank you.

 Sambutan
Click gambar untuk memperbesar / Click on the image to enlarge

SAMBUTAN MENTERI AGAMA REPUBLIK INDONESIA
DALAM RANGKA HARI TRI SUCI WAISAK 2546
DI CANDI BOROBUDUR
TANGGAL 26 MEI 2002


Namo Buddhaya, Selamat Malam dan Salam Sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan berkah dan karunia-Nya kita dapat memperingati dan melaksanakan puja bhakti Tri Suci Waisak 2546 yang tepatnya jatuh pada tanggal 26 Mei 2002 pukul 18.51.06 WIB.

Kami atas nama pribadi selaku pembina teknis keagamaan Departemen Agama RI. mengucapkan selamat merayakan hari Tri Suci Waisak 2546, semoga dengan Tri Suci Waisak tahun ini merupakan tonggak terciptanya kerukunan hidup umat Buddha Indonesia yang bersatu padu, saling menghormati dan menjunjung tinggi tri kerukunan hidup umat beragama yang beretika harmonis, serasi, selaras serta seimbang dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Saudara Umat Buddha yang saya cintai

Kita sadari bahwa, dewasa ini arus informasi dan Globalisasi yang sedang bergulir, telah mengubah tatanan sosial yang dianut oleh masyarakat selama ini, tumbuh dan berkembang kehendak demokrasi semakin keras disuarakan oleh sebagian masyarakat, bahkan sampai mengancam kesatuan dan persatuan nasional. Beberapa hal akibat dan sebab timbulnya masalah ini diantaranya (1) tumbuh dan berkembangnya fanatisme sempit, yang mana berkembangnya anggapan paham yang dianut diri sendiri yang paling benar dan paling baik, sedang yang lainnya sesat, (2) tumbuh dan berkembangnya anarkisme, pemaksaan kehendak, (3) timbulnya sadisme sikap yang kejam diluar tatanan kemanusiaan, (4) merosotnya mental dan moral masyarakat.

Permasalahan yang dihadapi oleh negara, tidak dapat diselesaikan dengan tuntas bila hanya dipercayakan kepada pemerintah atau aparat keamanan, namun harus diselesaikan bersama-sama seluruh masyarakat, oleh sebab itu saya menghimbau kepada saudara-saudara umat Buddha untuk bahu-membahu bersama pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang sedang terjadi, dengan cara seluruh umat Buddha membentengi diri dengan moral dan spriritual agama dan diimplementasikan melalui pikiran, ucapan dan perbuatan sehari-hari, disamping itu mematuhi hukum-hukum yang berlaku.

Dengan harapan saudara mampu menempatkan diri pribadi saudara bersama-sama dengan umat beragama lain untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dengan sekaligus menciptakan kehidupan yang harmonis, selaras, serasi dan seimbang dalam mewujudkan ketenangan lahir batin.

Dengan Waisak Nasional 2546/2002 umat Buddha "bertekad meningkatkan kesucian hati dan pikiran demi kerukunan dan kedamaian bersama" yang merupakan thema Waisak tahun ini, hendaknya menjadi semangat spiritual didalam meningkatkan praktek Dharma dalam menyucikan pikiran, ucapan dan perbuatan kita sesuai dengan peraturan agama yang harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari, demi kerukunan dan kedamaian bersama.

Saudara Umat Buddha yang berbahagia

Negara kita sedang membangun, sedang melangkah mewujudkan cita-cita Proklamasi, namun situasi negara saat ini kurang kondusif. Sehubungan dengan hal tersebut, maka kami mengharapkan agar umat Buddha mencermati situasi dan kondisi dunia yang berkembang saat ini, yang perlu mendapat perhatian kita semua, tiga program yang hendaknya bisa kita laksanakan yaitu :

  • Terwujudnya Bangsa Indonesia yang agamis, berperadaban luhur, berbasiskan hati nurani yang disinari Tuhan Yang Maha Esa.
  • Terhindarnya perilaku radikal, ekstrim, tidak toleran dan eklusif dalam kehidupan beragama sehingga terwujudnya umat Buddha yang rukun, damai dalam kebersamaan dan ketentraman.
  • Terbinanya umat Buddha agar menghayati dan mengamalkan ajaran agama dengan sebenarnya, mengutamakan persamaan, memahami, menghayati perbedaan melalui internalisasi ajaran agamanya.

Demikian sambutan kami, semoga ada guna dan manfaatnya. Pada kesempatan yang berbahagia ini, sekali lagi kami ucapkan Selamat Hari Tri Suci Waisak 2546/2002 semoga Tuhan Yang Maha Esa, memberkahi dan menunjukkan jalan yang terang kepada kita sekalian.


Terima kasih.


MENTERI AGAMA R.I.

ttd

PROF. DR. SAID AGIL HUSIN AL MUNAWAR



Amanat Presiden RI Megawati Soekarnoputri, dibawakan Menteri Agama RI, Prof. Dr.H.Said Agil Almunawar.



Copyright © 2000-2010 by WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia)
All trademarks & logos shown herein are the property of their respective owners.