WARTA WALUBI


WARTA MAJELIS




Participate in improving the Walubi Website!
We appreciate any kind of feedback and suggestions. Please send them to DPP WALUBI Thank you.

Ritual Pindapata dan Pengambilan Air Berkah mengawali acara Waisak 2007

___________________



Ritual Pindapata mengawali rangkaian acara Hari Raya Tri Suci Waisak 2551 BE/2007, acara dimulai pada jam 07.00 WIB ditengah kota Magelang, diawali dari vihara Hok Tek Bio kemudian menyusuri sepanjang Jl. Pemuda Magelang.

Pindapata merupakan suatu tradisi yang diajarkan oleh Sang Buddha pada umatnya supaya memberikan sedekah makanan pada para bhikhu, hal itu dilakukan mengingat para bhikkhu tidak memiliki mata pencaharian karena seluruh kehidupannya di arahkan untuk melayani umat Buddha.

Pindapata sebagai pemenuhan kebutuhan pangan para bhikhu merupakan salah satu elemen dari Catu Pacaya (kebutuhan pokok para bhikkhu) yang terdidri dari : 1. Makan 2. Tempat tinggal. 3. Pakaian. 4. Obat-obatan.

Acara Pindapata ini disambut dengan antusias oleh umat Buddha kota Magelang, baik tua maupun muda dengan gembira memberikan sedekah pada para bhikkhu, juga kegiatan ini tidak luput menyedot perhatian dari masyarakat sekitarnya.

Selesai acara Pindapata, para peserta beristirahat sejenak sambil makan pagi, kemudian perjalanan dilanjutkan ke arah utara kota Temanggung di kecamatan Ngadirejo, di ketinngian Gunung Sindoro, tepatnya menuju ke Umbul Jumprit untuk acara pengambilan air berkah.

Rombongan tiba di Umbul Jumprit sekitar jam 09.30 WIB, acara diawali dengan pengambilan air berkah dari kolam di mata air, air dimasukkan kedalam kendi. Acara ini dilaksanakan secara bergiliran oleh setiap Majelis Agama Buddha yang tergabung dalam WALUBI yang hadir di Umbul Jumprit. Air berkah dalam kendi kemudian di doakan oleh Dewan Sangha, Majelis-majelis Agama Buddha dan LKBI(Lembaga Keagamaan Buddha Indonesia). Sekitar jam 13.00 WIB rombongan berangkat dari Umbul Jumprit menuju Candi Mendut.

Di Candi Mendut Air Berkah kembali di doakan oleh Dewan Sangha,Majelis-majelis Agama Buddha yang tergabung dalam WALUBI dan LKBI untuk kemudian disakralkan di Candi Mendut.

 

 
 

Copyright © 2000-2010 by WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia)
All trademarks & logos shown herein are the property of their respective owners.