WARTA WALUBI


WARTA MAJELIS




Participate in improving the Walubi Website!
We appreciate any kind of feedback and suggestions. Please send them to DPP WALUBI Thank you.

API DHARMA & UPACARA SIRIPADA PUJA

___________________



Tepat jam 17.01 rombongan upacara ritual Api Dharma tiba di halaman candi Mendut setelah menempuh perjalanan yang cukup panjang dari Mrapen, Grobogan, Purwodadi, Jawa Tengah.
Api Dharma yang diambil Mrapen merupakan lambang yang memancarkan cahaya gemerlapan, menghapuskan keadaan suram menjadi terang dan yang memberikan semangat menembus ketidaktahuan dalam kehidupan ini. Dengan pancaran penerangan akan menjadikan kehidupan ini terayomi oleh tuntutan Dharma yang mampu melepaskan manusia dari belenggu penderitaan. Api Dharma sebagai lambang semangat merupakan sarana peribadatan ritual umat Buddha yang senantiasa melahirkan pencerahan dan penyadaran dalam kehidupan ini.

Acara ritual pengambilan Api Dharma di Mrapen dilaksanakan oleh Dewa Sangha dan Majelis-majelis Agama Buddha yang tergabung dalam WALUBI dan LKBI dilakukan secara bergantian.
Setelah istirahat dan makan siang Api Dharma diberangkatkan dari Mrapen menuju candi Mendut untuk disakralkan. Usai acara pengsakralan Api Dharma di candi Mendut, acara dilanjutkan dengan upacara Siripada Puja.

Upacara Siripada Puja dilaksanakan Umat Buddha dengan acara prosesi mulai dari Candi Mendut menuju tepi sungai Progo yang jarajnya sekitar 1 km. Upacara Siripada Puja dilaksanakan untuk menghormati Sang Buddha yang telah membabarkan Dharma selama 45 tahun. Beliau meninggalkan jejak telapak kaki di tepi Namatha sebagai tanda bahwa umat Buddha harus melaksanakan dan mengikuti jejak Sang Buddha, membabarkan Buddha Dharma dan melaksananannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam upacara tersebut, umat Buddha membawa lilin, dupa dan bunga yang deletakkan dalam nampan terbut dari janur untuk dilarungkan di Sungai Progo. Sebelum melarungkan benda-benda tersebut terlebih dahulu umat berdoa dalam hati untuk menghormati dan memuja Sang Buddha yang telah membabarkan Dharma untuk kebahagiaan seluruh Umat manusia. Upacara Siripada Puja kali ini, 31 Mei 2007, adalah untuk pertama kalinya dilaksanakan, dan pada peristiwa kali ini di ikuti oleh 2.345 peserta. Upacara Siripada Puja di prakarsai oleh Ketua DPD WALUBI Jawa Tengah Bapak David Herman Jaya dan pelaksanaannya dikoordinir oleh Bhante Bodhi didampingi Romo Pandita Soedjito Kusumo .Pada malam tersebut ditepian sungai Progo Meseum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan untuk bidang "Penyelenggaraan Larung Siripada dengan jumlah terbanyak". Piagam penghargaan MURI diserahkan oleh MURI pada Dirjen Bimas Buddha Departemen Agama RI Irjen.Pol Drs. Budi Setiawan MSc dan Ketua DPD Walubi Jawa Tengah Bapak David Herman Jaya.


 
 

Copyright © 2000-2010 by WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia)
All trademarks & logos shown herein are the property of their respective owners.