Pembukaan
DPP Walubi
DPD Walubi
Perwakilan
Program Umum
Lambang
Ikrar
Hymne



WARTA WALUBI


WARTA MAJELIS



Participate in improving the Walubi Website!
We appreciate any kind of feedback and suggestions. Please send them to DPP WALUBI Thank you.

Swayamvara Tripitaka Gatha Tingkat Nasional VIII Tahun 2012 Digelar di Kaltim
Pemenang Juara Umum Kontingen Provinsi dari Jawa Barat

Swayamvara Tripitaka Gatha (STG) Tingkat Nasional VIII Tahun 2012  dan Hari Anak Nasional Nava Mula Muda Buddhis Indonesia digelar di Novotel dan Tiga Mustika Hotel-Balikpapan, Kalimantan Timur pada tanggal 18- 22 Juni 2012.

Pemenang meraih Juara Umum pemegang trophi bergilir Piala Presiden RI dan perolehan piala terbanyak, jatuh pada kontingen Provinsi Jawa Barat.

Drs.Suryadharma Ali Menteri Agama Republik Indonesia hadir dalam sambutannya menyambut baik penyelenggaraan lomba kitab suci Tripitaka, seni dan budaya bernuansa Buddhis ini, semoga dapat meningkatkan pemahaman, pengamalan kitab suci Tripitaka oleh umat Buddha diseluruh tanah air.

Kegiatan yang dirangkai hari anak nasional tahun 2012 secara khusus mengambil pesan dan harapan, mengenai pentingnya rujukan nilai nilai pembinaan keagamaan yang menjadi inspirasi bagi umat Buddha serta  menumbuh kembangkan pada anak anak sebagai generasi yang hidup di era globalisasi dengan segala tantangannya, kata Menag.

“setiap umat beragama termasuk umat Buddha perlu menggali nilai nilai yang bersumber dari kitab suci agama masing masing dalam rangka pengembangan landasan teologi dan nilai etik kerukunan antar umat bergama di negara kita”. ujar Suryadharma Ali.

Drs.A.Joko Wuryanto,Ssos,SAg,MSi,MPd selaku Dirjen Bimas Buddha mengatakan bahwa kegiatan STG  dan Nava Mula Muda Buddhis ini merupakan sebuah lembaga sudah yang kedelapan kali dan yang pertama diselenggarakan diluar pulau.

“ini paling ramai, megah dan kompak, karena melibatkan semua unsur seperti Perwakilan Umat Buddha Indonesia(WALUBI),Konferensi Agung Sangha( KASI), para majelis dan para Tokoh Nasional Umat Buddha” kata Joko.

Joko berharap dengan penyelenggaraan tersebut, seluruh para peserta kontingen dan para tokoh Buddhis dapat saling  mengenal lebih dekat, berkomunikasi dan rukun dalam kebersamaan serta dapat meningkatkan keyakinan masing masing sesuai dengan alirannya.

Drs.Farid Wajdy sebagai Wakil Gubernur Kalimantan  Timur, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh panitia. Dikatakan bahwa penyelenggaraan STG dan peringatan Hari Anak Nasional adalah sangat penting untuk membangun kesadaran beragama untuk umat kita semua, dan ditegaskan  bahwa masa depan bangsa termasuk daerah ini adalah merupakan hal yang sangat penting dalam rangka pembinaan generasi kita kedepan.

Ir. Arief Harsono, MM selaku Ketua Panitia STG dan Hari Anak Nasional Nava Mula Muda Buddhis, mengatakan STG ini merupakan kelanjutan dari  hasil sarasehan nasional, yang sebelumnya Festival Seni Baca Kitab Suci Tripitaka (FSBKST).Namun melalui STG yang diinginkan bersama itu, realisasinya dapat meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan Tripitaka,serta demi terwujudnya kerukunan hidup beragama, dan ini dikatakan tentunya sudah sesuai dengan tema.

Menurut Arif Harsono, ada macam macam jenis lomba yang dilaksanakan,diantaranya  yaitu: Lomba Baca Kitab Suci Dhammapada, Lomba cerdas cermat, Lomba Pembacaan Paritta atau Sutra, Lomba Ceramah kedalam bahasa Inggris, Mandarin dan Indonesia, Lomba Menulis Naskah Ceramah kedalam bahasa Inggris, Lomba Tari bernuansa Buddhis, Lomba Menulis Cerpen Buddhis, lomba menyusun Komik Buddhis,Lomba Merancang Altar Buddhis, Lomba Seni membuat rupang dari lilin, batu padas dan atau kayu, Lomba Menyanyi bernuansa Buddhis(solo), Lomba deklamasi Bernuansa Buddhis-Non teks dan Lomba Melukis bernuansa Buddhis.

Sekaligus memperingati Hari Anak Nasional, panitia memberikan tema “mewujudkan Indonesia yang ramah anak”,sub temanya, menjadikan anak Indonesia beriman,jujur, cerdas, sehat berahklak mulia dan berprestasi. Sedangkan untuk jenis penyelenggaraan perlombaan untuk anak anak, yakni Lomba Baca Kitab Suci Dhammapada anak, Lomba Menyanyi bernuansa Buddhis dan Lomba Deklamasi.

Penyelenggaraan STG tahun 2012 yang dibuka oleh Menteri Agama Suryadharma Ali, di Novotel Balikpapan  dan dilanjutkan perlombaannya di Hotel Grand Tiga Mustika pimpinan Drs.Sumpono Kangmartono, MM. Yang diikuti 28 kontingen dari 28 provinsi dengan masing masing kontingen 32 orang peserta dan total 1500 orang termasuk official dan partisipan.

Perlu diketahui, kegiatan acara dimulai dengan prosesi defile dari 28 kontingen yang dilepas oleh Rizal Afandi Walikota Balikpapan, diawali dengan marching band dari kantor Walikota, dan disambut oleh Suryadharma Ali Menag RI, Farid Wajdy Wagub Kaltim, Joko Wuryanto Dirjen Bimas Buddha dan Arief Harsono Ketua Panitia.

Hadir : Farid Wajdy Wagub Kalimantan Timur, Rizal Afandi Walikota Balikpapan, Drs. Sumpono Kangmartono,MM ,Soedjito Kusumo, Citra Surya ,David Herman Jaya, Winarni(WALUBI), Para Bhikkhu Sangha,Ketua dan para Anggota Komisi VIII DPR RI, para pejabat eselon 1 dan 2 Kementerian Agama RI, Kosasih Kepala Kanwil Provinsi Kalimantan Timur dan Kanwil Kementerian Agama seluruh Indonesia.    

 




Share |

 

 


Copyright © 2000-2010 by WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia)
All trademarks & logos shown herein are the property of their respective owners.