Pembukaan
DPP Walubi
DPD Walubi
Perwakilan
Program Umum
Lambang
Ikrar
Hymne



WARTA WALUBI


WARTA MAJELIS



Participate in improving the Walubi Website!
We appreciate any kind of feedback and suggestions. Please send them to DPP WALUBI Thank you.

HUT ke 60 dan Vassa ke 38 Bhikkhu Wongsin bersama Dubes Thailand

Hari jadi ke 60 dan Vassa ke 38 Bhante Wongsin digelar di Buddha Metta Arama(BMA) Jalan Terusan Lembang D59 Jakpus, pada Sabtu,5 Desember 2015. Kegiatan acara secara kenegaraan Thailand karena dihadiri Phassakorn Siriyapahan Duta Besar Thailand untuk Indonesia.

“atas nama pribadi dan Duta Besar Thailand sebagai Negara sahabat Indonesia mengucapkan selamat ulang tahun untuk Bhante Wongsin yang ke 60 tahun, semoga maju dan sukses ,dihari yang sama pada hari ini Raja Bhumibol Adulyadej juga melakukan upacara ke 69 tahun sebagai raja Thailand”,ucap Phassakorn Siriyapahan.

Bhante Wongsin dalam pengabdiannya sudah 38 tahun menjadi Bhikkhu Theravada, pernah dinobatkan sebagai Duta Dhamma Thailand (Guru Pembimbing Dharma)untuk Indonesia oleh Kerajaan Thailand.

Hut ke 60 Bhante Wongsin dirayakan cukup meriah, selain acara pagi digelar untuk tamu Negara, siang harinya diperuntukkan untuk umat Buddha di Indonesia. Serta dihadiri 60 Bhikkhu/Samanera dan 300 umat Buddha Jabodetabek.

Kehadiran 60 Bhikkhu/Samanera baik sebagai warga Thailand maupun warga Indonesia mempunyai kebahagiaan tersendiri karena dari Kerajaan Thailand memberikan kenang kenangan dan bingkisan hadiah sebanya 1 koper kepada masing masing bhikhu sangha dan samanera, yang pembagiannya diawali oleh Dubes Thailand untuk Indonesia.

DR Soedjito mewakili WALUBI memberi apresiasi kepada Dubes dan Raja Thailand yang peduli kepada Bhikkhu Sangha Theravada.” Mudah mudahan jembatan komunikasi antara Umat Buddha kedua Negara semakin kokoh dan terus maju”, kata DR Soedjito yang baru 2 pekan menyelesaikan gelar Dikternya di Unpas-Bandung.

Ritual upacara ditutup dengan pemercikan air berkah dari Bhante untuk semua umat Buddha yang hadir di Vihara BMA dengan harapan mendapat limpahan berkah rejeki yang berlimpah.

Suasana di BMA sementara sebelah ruangan berubah seperti di istana kerajaan Thailand, ruangan penuh dengan hidangan perjamuan khas kuliner dari Thailand dipersembahkan untuk para Bhikhu Sangha. Yang akhirnya umatpun turut larut menyantap bersama menikmati masakan tomyan yang terkenal dengan rasa asamnya yang kental.




 


Copyright © 2000-2010 by WALUBI (Perwakilan Umat Buddha Indonesia)
All trademarks & logos shown herein are the property of their respective owners.